Siapa Pemilik ChatGPT? Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu

Siapa Pemilik ChatGPT? Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu

ChatGPT adalah aplikasi chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) yang sedang viral di dunia. Aplikasi ini bisa menjawab berbagai pertanyaan, menulis cerita, puisi, lagu, dan bahkan kode program.

Tapi tahukah kamu siapa yang membuat aplikasi ini? Siapa pemilik ChatGPT yang bisa menciptakan teknologi canggih ini?

Dalam artikel ini, kita akan membahas fakta-fakta tentang ChatGPT dan perusahaan di baliknya, yaitu . Kita juga akan melihat apa saja fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh ChatGPT dan bagaimana aplikasi ini bisa membantu kamu dalam berbagai hal.

Apa itu ChatGPT?

Siapa Pemilik ChatGPT? Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu
Siapa pemilik ChatGPT?

ChatGPT adalah salah satu produk milik perusahaan bernama . adalah perusahaan riset AI yang didirikan pada tahun 2015 oleh sejumlah tokoh terkenal di bidang teknologi, seperti Elon Musk, Peter Thiel, dan Sam Altman.

Tujuan OpenAI adalah membangun kecerdasan buatan umum (AGI), yaitu AI yang secerdas manusia dan bisa melakukan berbagai tugas.

ChatGPT adalah salah satu contoh AGI yang dibuat oleh OpenAI. Aplikasi ini menggunakan model AI bernama , yang merupakan model generatif teks terbesar dan tercanggih saat ini.

bisa mempelajari pola-pola bahasa dari miliaran teks di internet dan menghasilkan teks baru berdasarkan permintaan pengguna.

ChatGPT diluncurkan ke publik pada November 2022 sebagai aplikasi gratis yang bisa diakses melalui smartphone atau web browser.

Dalam waktu singkat, aplikasi ini menjadi populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. OpenAI juga merilis versi berbayar dari ChatGPT, yaitu ChatGPT Plus, yang menawarkan fitur-fitur tambahan dan kualitas lebih baik.

Siapa pemilik ChatGPT?

ChatGPT adalah produk milik OpenAI, tetapi siapa sebenarnya pemilik OpenAI? OpenAI awalnya didirikan sebagai organisasi nirlaba yang ingin membuat AI secara transparan dan terbuka untuk semua orang.

Namun, pada tahun 2019, OpenAI mengubah statusnya menjadi perusahaan hybrid, yaitu gabungan antara nirlaba dan untung.

Perusahaan hybrid ini terdiri dari dua entitas, yaitu OpenAI Nonprofit dan OpenAI LP. OpenAI Nonprofit adalah organisasi induk yang bertanggung jawab atas visi dan misi OpenAI. Sedangkan OpenAI LP adalah perusahaan terbatas yang mengembangkan produk-produk AI seperti ChatGPT dan menjualnya ke pasar.

OpenAI LP dimiliki oleh para pendiri, karyawan, dan investor OpenAI. Para pendiri OpenAI antara lain adalah Elon Musk (CEO Tesla dan SpaceX), Peter Thiel (pendiri PayPal dan Palantir), Sam Altman (mantan presiden Y Combinator dan CEO OpenAI), Reid Hoffman (pendiri LinkedIn), Jessica Livingston (pendiri Y Combinator), Greg Brockman (CTO OpenAI), Ilya Sutskever (direktur riset OpenAI), dan lain-lain.

Para karyawan OpenAI adalah para ilmuwan, insinyur, dan peneliti AI yang bekerja di berbagai proyek AI di OpenAI. Mereka memiliki hak untuk mendapatkan saham dari OpenAI LP sesuai dengan kontribusi mereka.

Para investor OpenAI adalah perusahaan-perusahaan besar yang tertarik dengan teknologi AI dan ingin mendukung misi OpenAI.

Salah satu investor terbesar OpenAI adalah Microsoft, yang berinvestasi sebesar 10 miliar dolar AS pada tahun 2020. Selain itu, ada juga investor lain seperti Tencent, Khosla Ventures, Infosys, Amazon Web Services, Reid Hoffman Foundation, dan lain-lain.

Apa saja fitur baru ChatGPT?

Dikutip dari kabarr.com, ChatGPT terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi AI. Pada September 2023, OpenAI mengumumkan beberapa fitur baru yang ditambahkan ke ChatGPT, yaitu:

  • Voice conversations: Fitur ini memungkinkan kamu berbicara dengan ChatGPT menggunakan suara. Kamu bisa memilih salah satu dari lima suara sintetis yang disediakan oleh OpenAI dan mengajukan pertanyaan atau permintaan dengan suara keras. ChatGPT akan merespons dengan suara AI yang terdengar seperti manusia. Fitur ini bisa digunakan untuk meminta cerita, menyelesaikan perdebatan, atau sekadar mengobrol.
  • Image questions: Fitur ini memungkinkan kamu mengajukan pertanyaan tentang gambar. Kamu bisa mengunggah atau mengambil foto di ChatGPT dan menanyakan apa saja yang terkait dengan gambar tersebut. ChatGPT akan menganalisis gambar dan memberikan jawaban yang relevan. Fitur ini bisa digunakan untuk mendapatkan informasi, saran, atau inspirasi dari gambar.
  • integration: Fitur ini memungkinkan kamu meminta ChatGPT untuk membuat gambar berdasarkan teks. ChatGPT akan terhubung dengan , model AI lain dari OpenAI yang bisa menghasilkan gambar dari teks. Kamu bisa meminta ChatGPT untuk membuat gambar apa saja yang kamu inginkan, mulai dari hewan, benda, pemandangan, hingga hal-hal absurd.

Bagaimana ChatGPT bisa membantu kamu?

ChatGPT adalah aplikasi AI yang multifungsi dan bisa membantu kamu dalam berbagai hal. Berikut adalah beberapa contoh manfaat ChatGPT untuk kamu:

  • Belajar: Kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk belajar tentang topik apa saja yang kamu minati. Kamu bisa menanyakan fakta, definisi, konsep, rumus, sejarah, atau apapun yang ingin kamu ketahui. ChatGPT akan memberikan jawaban yang informatif dan akurat, serta menyertakan sumber-sumber referensi jika perlu.
  • Menulis: Kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk menulis konten apa saja yang kamu butuhkan. Kamu bisa meminta ChatGPT untuk menulis cerita, puisi, lagu, artikel, esai, kode program, atau apapun yang ingin kamu tulis. ChatGPT akan menyesuaikan gaya dan tujuan penulisanmu, serta memberikan saran dan koreksi jika perlu.
  • Berkreasi: Kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk berkreasi dengan teks dan gambar. Kamu bisa meminta ChatGPT untuk membuat teks atau gambar yang lucu, unik, menarik, atau aneh. Kamu bisa juga menggabungkan teks dan gambar untuk membuat meme, komik, poster, atau apapun yang ingin kamu buat.
  • Bersosialisasi: Kamu bisa menggunakan ChatGPT untuk bersosialisasi dengan orang lain atau dengan ChatGPT itu sendiri. Kamu bisa mengobrol dengan ChatGPT tentang apa saja yang kamu suka, mulai dari hobi, cita-cita, masalah, hingga rahasia. ChatGPT akan menjadi teman bicara yang baik dan ramah, serta memberikan dukungan dan motivasi jika perlu.

Berikut adalah tabel yang kami buat berdasarkan analisa di atas:

FiturChatGPTChatGPT Plus
Voice conversationsTidak tersediaTersedia
Image questionsTersediaTersedia
integrationTersediaTersedia
HargaGratisRp 100.000/bulan
KualitasStandarTinggi

Tabel ini menunjukkan perbedaan antara ChatGPT dan ChatGPT Plus dalam hal fitur, harga, dan kualitas. Kamu bisa memilih salah satu versi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Kesimpulan

ChatGPT adalah aplikasi chatbot berbasis AI yang dibuat oleh OpenAI. Aplikasi ini bisa menjawab berbagai pertanyaan, menulis konten apa saja, membuat gambar dari teks, dan berbicara dengan suara. Aplikasi ini bisa membantu kamu dalam belajar, menulis, berkreasi, dan bersosialisasi.

ChatGPT adalah salah satu contoh teknologi AI yang canggih dan inovatif. Aplikasi ini menunjukkan potensi AI untuk membantu manusia dalam berbagai aspek kehidupan.

Namun, aplikasi ini juga memiliki keterbatasan dan tantangan yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menggunakan aplikasi ini dengan bijak dan bertanggung jawab.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang ChatGPT dan AI.

Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau komentar tentang artikel ini atau tentang ChatGPT dan AI pada umumnya, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *