Prompt ChatGPT Untuk Membuat Skripsi Begini Caranya

Prompt ChatGPT Untuk Membuat Skripsi Begini Caranya

Banyak yang penasaran mungkin bagaimana sebuah prompt dari mampu membuat skripsi ataupun tugas penelitian, padahal seharusnya hal seperti ini dilakukan secara nyata untuk mendapatkan data, tapi ternyata bisa diproses hanya dengan memasukkan perintah tertentu.

Data dari

Prompt ChatGPT Untuk Membuat Skripsi Begini Caranya

Sebelum masuk ke pembahasan inti ada beberapa hal yang harus diketahui bahwa ini mengumpulkan data dari basis data mereka sepanjang tahun 2021 yang artinya, bisa jadi ada perbedaan data dan situasi sepanjang rentang tahun 2021 hingga saat ini, hal inilah yang membuat kemungkinan besar data dari sebuah penelitian menjadi tidak relevan.

Membuat skripsi dengan ChatGPT hanya untuk…

Namun, jika kamu hanya ingin menemukan rangka berpikir atau mendapatkan sebuah struktur skripsi dari ChatGPT saya sangat merekomendasikan penggunaan ChatGPT untuk pembuatan skripsi dengan catatan harus mengkoreksi kembali apa yang telah dibuat/dihasilkan dari ChatGPT, ubah atau buang data yang sekiranya sudah tidak relevan atau tidak masuk ke dalam ide berpikir.

Membuat skripsi menggunakan ChatGPT melalui prompt tertentu bukan hal yang mustahil, yang terpenting adalah jangan langsung memakai hasilnya mentah-mentah ya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat skripsi di ChatGPT

Prompt ChatGPT Untuk Membuat Skripsi Begini Caranya

Ada serangkaian hal yang perlu diperhatikan dulu sebelum menuju ke topik pembuatan skripsi di ChatGPT, jangan di skip dan simak baik-baik.

1. Sudah memiliki judul dan metode skripsi

Pastikan bahwa kamu telah memiliki judul skripsi dan metode yang akan digunakan. Sebenarnya bisa saja kamu meminta rekomendasi judul dan metode skripsi di ChatGPT, tapi jika hal ini dibahas tentu akan semakin panjang menuju inti artikel.

2. Punya akun ChatGPT

Daftar atau masuk ke akun ChatGPT disini chat.openai.com, tidak mesti menggunakan akun yang berbayar cukup gunakan ChatGPT versi GPT-3.5.

3. Siapkan Microsoft Word

Untuk mengaplikasikan pembuatan skripsi dengan ChatGPT sangat disarankan menggunakan laptop atau PC untuk menunjang mobilitas multi-tasking.

Cara membuat skripsi di ChatGPT

Cara membuat skripsi di ChatGPT

1. Membuat struktur BAB 1-5 pada skripsi

Normalnya skripsi memiliki 5 BAB yang dimana masing-masing BAB tersebut punya pembahasan yang berbeda-beda.

  • BAB 1: PENDAHULUAN
  • BAB 2: TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB 3: METODE PENELITIAN
  • BAB 4: HASIL PENELITIAN
  • BAB 5: KESIMPULAN DAN SARAN (PENUTUP)

Pada masing-masing bab terdapat outline seperti yang ada pada BAB 1 berisi latar belakang, rumusan masalah dan sebagainya. Mari kita gunakan prompt ini untuk meminta ChatGPT menghasilkan struktur yang sesuai dengan judul skripsi dan metode yang kamu punya.

Prompt ChatGPT Untuk Skripsi Begini Alur dan Caranya

Contoh: Buatkan struktur BAB skripsi dari 1-5 dengan judul Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Penyakit dengan Citra Medis dan Deep Learning.

Hasilnya ChatGPT akan menampilkan struktur BAB 1-5 beserta outline yang cukup lengkap. Salin hasil dari ChatGPT ke Microsoft Word, jangan lupa untuk di save.

2. Gali outline ditiap BAB menggunakan prompt

Karena struktur “kasar/mentahnya” sudah didapatkan dan telah dipindahkan ke Microsoft Word maka selanjutnya adalah menyuruh ChatGPT untuk menciptakan isi dari tiap outline. Contoh, minta ChatGPT menghasilkan latar belakang dari judul dan metode.

Prompt ChatGPT Untuk Skripsi Begini Alur dan Caranya

Prompt: Buatkan latar belakangnya.

Atau prompt: Buatkan latar belakang Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Penyakit dengan Citra Medis dan Deep Learning.

Masukkan prompt sesuai outline yang tertulis ya, “Buatkan rumusan masalah, buatkan tujuan penelitian, buatkan metodologi penelitiannya, dll”.

Gunakan pola prompt ini sampai ke outline di BAB 5. Kumpulkan hasil yang diberikan ChatGPT ke dalam Word, koreksi setelahnya.

3. Pembuatan skripsi belum selesai sampai disini

Skripsi masih belum selesai, tapi bantuan ChatGPT sudah selesai disini masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Melakukan koreksi data dan logika dari hasil ChatGPT yang tadi
  2. Memberi gambar dan penomoran pada gambar, hal ini tidak bisa dilakukan oleh ChatGPT jadi lakukan secara manual
  3. Daftar pustaka tidak tersedia meliputi sumber dan kutipan
  4. Cek kembali aturan kerangka skripsi karena masing-masing universitas bisa punya aturan berbeda
  5. Membuat cover skripsi dan surat-surat keperluan secara manual

Kelebihan membuat skripsi dengan ChatGPT

Kelebihan membuat skripsi dengan ChatGPT

1. Menghemat waktu

Dalam hitungan jam struktur dengan judul tertentu bisa selesai, hal ini menjadi efisien dan membuat mobilitas pengerjaan skripsi menjadi lebih cepat.

2. Mudahnya mendapat inspirasi dan rekomendasi

Jika hasil yang dihasilkan belum sesuai kamu bisa meminta rekomendasi pada ChatGPT menggunakan promptrekomendasikan outline BAB 3 dengan judul …” sampai benar-benar menemukan outline yang tepat.

3. Bisa dilakukan dimana saja asal ada akses internet

Membuat skripsi dengan ChatGPT bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

4. Bisa dijadikan tempat konsultasi

Meskipun datanya terbatas ChatGPT cukup layak untuk dijadikan tempat konsultasi selain kepada dosen pembimbing, caranya dengan menggunakan prompt yang berisi pertanyaan atau rekomendasi.

Kekurangan membuat skripsi dengan ChatGPT

Kekurangan membuat skripsi dengan ChatGPT

1. Data yang terbatas

Dari banyaknya sumber bahkan sudah diverifikasi langsung ChatGPT bahwa data mereka terbatas dan hanya sampai tahun 2021, kemungkinan besar ada data yang sudah tidak relevan digunakan di jaman sekarang, jadi koreksi kembali dan modifikasi lagi hasil dari ChatGPT agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Susah menemukan sumber yang valid

Jika kita searching di Google untuk mencari daftar pustaka, kutipan atau catatan kaki bisa dengan mudah ditemui dan ada nama authornya. Berbeda dengan ChatGPT, hanya penulis terkenal saja yang kutipannya dimunculkan dan bisa dipertanggung jawabkan.

3. Ketergantungan

Jika sudah ketergantungan akan berdampak pada kurangnya pikiran yang kritis dan kreativitas yang menurun, bagaimana jika dihadapkan pada keadaan dimana kamu tidak bisa menggunakan ChatGPT? Jadi jangan terlalu bergantung.

4. Tidak ada data primer

Data primer yang dimaksud seperti data real hasil wawancara, angket, dan penelitian yang sifatnya langsung. Pendekatan seperti ini harus ada, artinya kita tidak bisa sepenuhnya menggunakan ChatGPT atau aplikasi kecerdasan buatan lainnya.

Kesimpulan

Membuat skripsi menggunakan ChatGPT tentu saja bisa, utamanya adalah membuat kerangka skripsi menggunakan judul dan metode yang sudah dipilih, tidak full seratus persen.

Meskipun begitu tetap ada fase dimana kamu harus melakukan penelitian secara langsung atau bahkan mengunjungi perpustakaan untuk mencari referensi “real” ketimbang mencari inspirasi di ChatGPT yang datanya saja belum tentu lengkap.

ChatGPT cukup dijadikan kerangka bayangan, jangan dijadikan pondasi utama. Semoga sedikitnya artikel ini bisa membantu.

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *