5 Cara Mendapatkan Uang Dari AI (Artificial Intelligence)

5 Cara Mendapatkan Uang Dari AI

Artificial Intelligence sedang ramai diperbincangkan oleh berbagai kalangan khususnya mereka yang pekerjaannya di depan layar komputer, bagaimana tidak? Kabarnya terlalu canggih dan mengancam pekerjaan manusia asli di berbagai sektor.

Apakah Artificial Intelligence merusak industri pasar?

Padahal kalau ditelisik lebih jauh lagi juga membantu menyelesaikan banyak pekerjaan. Industri mengalami banyak peningkatan karena adanya semacam ini.

Forbes telah mencatat bahwa sekitar 60% pemilik usaha terbantu dengan adanya karena mampu meningkatkan customer relationship dan produktifitas dalam bisnisnya.

Hal inilah yang sebenarnya bisa menjadi peluang bisnis baru untuk mencari uang melalui bantuan AI.

Cara mendapatkan uang dari AI

Cara mendapatkan uang dari AI

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari AI, tidak lain tidak bukan adalah dengan memaksimalkan kemampuan AI tersebut. Seperti bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk mendapatkan ide, inspirasi atau bahkan contoh dalam sebuah penulisan.

Selain itu juga kamu bisa saja membuat AI versimu dengan fitur yang berbeda dari AI lainnya.

1. Content Writer

5 Cara Mendapatkan Uang Dari AI

Penulis konten menjadi pekerjaan yang realistis ditengah gempuran AI saat ini, meskipun keliatannya gampang namun aslinya menulis tidak segampang yang dikira, ada teknik dan hal-hal yang mesti diperhatikan agar tulisan kelihatan menarik dan profesional.

Dengan memanfaatkan AI tentu saja pekerjaan seperti ini dapat lebih efektif dan efisien. Contohnya jika mencari informasi, kutipan, sumber hanya menggunakan prompt seperti “Sebutkan tokoh yang membuat kutipan seputar [niche – pembahasan]“.

Prompt semacam ini bisa digunakan di , Google Bard, dan Bing Chat.

2. Illustrator

5 Cara Mendapatkan Uang Dari AI

Pekerjaan yang berkaitan dengan seni ini bahkan bisa tergusur sebenarnya oleh AI. Tools semacam Midjourney, Canva AI dan Bing Image Creator bisa dalam hitungan detik membuat gambar melalui sebuah perintah teks.

Dengan adanya AI semacam ini tentu kreatifitas jadi tidak terbatas, banyak dari mereka yang memanfaatkan AI generate image untuk dijadikan inspirasi jual gambar di situs jual beli foto seperti Shutterstock, Getty Images, iStock dan Adobe Stock.

3. Programmer

5 Cara Mendapatkan Uang Dari AI

Dengan atau tanpa AI sebenarnya programmer punya chance besar untuk mendapatkan uang, namun akan lebih powerful lagi bila menggunakan AI.

Contohnya adalah ketika programmer membuat aplikasi yang bisa dipersonalisasikan berdasarkan preferensi pengguna, misalkan pengguna sebelumnya sedang mencari barang A maka pada aplikasi yang dibuat akan muncul berbagai rekomendasi yang masih relevan dengan history sebelumnya.

Tentu akan lebih menarik pengguna untuk mengetahui lebih lanjut tanpa harus mengunjungi aplikasi/website lain.

4. Marketing Affiliate

5 Cara Mendapatkan Uang Dari AI

Mendapatkan penghasilan lewat program afiliasi yang dimana kamu harus menjual produk orang lain baru dibayar.

Pemasaran afiliasi seperti ini biasanya dilakukan diberbagai platform sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook dan lain-lain.

Masuknya AI adalah sebagai analisis strategi, hal-hal yang harus dipersiapkan sampai analisa pengguna dan calon-calon potensial yang bakal tertarik dengan produk/link yang kamu berikan.

5. Membuat Konten Berbasis Video

Jika content writer adalah konten yang ditulis, maka yang terakhir adalah konten berbasis video. Keduanya memiliki kesamaan, karena biasanya sebelum menjadi konten video pastinya kreator membuat konsep konten melalui tulisan.

Pekerjaan ini bisa jadi hal yang paling cepat dapat uangnya, walaupun sudah tersedia AI untuk memfasilitasi pembuatan video agar terlihat ciamik namun baiknya kamu perlu menguasai sedikitnya skill editing seperti cut, split, pewarnaan, memasukkan teks, lagu dan suara.

Untuk menghasilkan skrip bisa menggunakan bantuan , coba juga Synthesia cocok bagi mereka yang tidak ingin tampil di video namun tetap ada orang yang berkomunikasi di dalamnya.

Kesimpulan

AI hadir bukan untuk menghancurkan pekerjaan, bukan juga untuk menghilangkan customer, namun AI hadir untuk meningkatkan keterampilan dan menumbuhkan karakteristik dari suatu produk atau jasa. Hadirnya AI hanya meningkatkan standar pekerjaan, jika pekerjaan yang dilakukan biasa-biasa saja AI juga bisa kan?

Mencari dan mendapatkan uang dari AI bukan sesuatu yang mudah tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan, perlu konsisten dan percaya proses.

, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *